Keluyuran ke Setu Patok yang Biutipul (Baca : Beautiful)

Posted on Posted in Catatan Perjalanan (Jalan-Jalan), DetikTravel

Orang udah banyak tahu lokasi wisata di tengah Kota Cirebon yang layak sefie. Wisata kuliner yang bikin nagih juga udah banyak paham. Tapi bagaimana dengan wilayah pinggiran kota? Udah tahu belom Setu Patok yang nggak jauh dari jalur Pantura?

warga lokal sedang main rakit

Setu Patok danau kecil yang terletak di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Cara keluyuran ke sana bisa melalui dua jalur.

Pertama, jalur Pantura. Tepatnya di pertigaan Kecamatan Mundu belok kiri dari arah Semarang, atau belok kanan dari arah Kota Cirebon. Lurus terus mengikuti jalan aspal yang sebagian berlubang, lalu sampailah di Setu Patok.

Kedua, jalur Perumnas. Tepatnya Perumnas Gunung, melalui jalan raya Ciremai, hingga sampai ke perempatan setelah kompleks perumahan Citra Land, lalu belok kiri. Dari sini jalannya agak tricky dan berbelok-belok. Perlu banyak tanya kepada warga sekitar atau andalkan GPS. Tetapi kondisi jalannya jauh lebih baik ketimbang jalanan Mundu.

Penduduk lokal berjalan di area pesawahan yang ijo royo-royo di tepi Setu Patok

Setiap Minggu pagi pasti ramai orang berolah raga atau sekedar keluyuran dan kongkow bareng temen. Sebagian lagi senang memancing atau memikirkan nasib mantan yang udah bahagia sama orang lain.

Orang bilang, waktu terbaik mengunjungi Setu Patok adalah saat matahari terbit dan saat matahari terbenam. Utamanya saat udara di bagian selatan sedang bersih sehingga siluet Gunung Ciremai tampak berbayang di belakang bukit yang ada di tengah danau. Mantap coyyy!

Sayang saya cuma punya waktu kunjungan siang hari. Setidaknya siang itu terasa syahdu ketika tubuh ini duduk di atas dipan dibuai oleh angin segar dari Gunung Ciremai, sambil menikmati lotek bongko yang lezat.

pedagang lotek bongko

Saya pernah menulis tentang lotek bongko ini di DetikTravel. Check it out di pranala :

Mudik ke Cirebon, Coba Kuliner Lotek Bongko di Setu Patok

Kalau kamu suka sepedaan di area perbukitan, jangan lewatkan juga kesempatan keluyuran menjajal nikmatnya sepedaan mengelilingi Setu Patok. Konturnya bermacam-macamnya, dari jalan aspal, jalan berbatu, hingga jalan becek ala persawahan. Bila perlu, coba track yang lebih menantang dengan menaiki bukit di selatan Setu Patok. Di bagian atasnya kita bisa melihat lansekap Setu Patok yang biutipul.

Lansekap Setu Patok saat siang. Coba kalau pas sunset, pasti lebih mantep

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *