[TIPS] Cara Sakti Kuasai Astronomi (untuk Pemula)

Posted on Posted in Astronomy, TIPS
Astronomi mulai populer sejak fenomena gerhana matahari total 2016. Banyak orang penasaran kapan sih momen spesial lainnya terjadi. Biar lebih siap menyambutnya gituh…
Kebetulan 26 Desember 2019, Indonesia kedatangan gerhana matahari cincin (GMC) yang nggak kalah dahsyat sama GMT. Tiga tahun lagi, sodara-sodara! Saatnya untuk menabung!! Itu belum ditambah momen-momen astronomis lain yang terjadi selama 3 tahun itu.
Biar nggak melewatkan momen penting apa pun, kita harus menguasai Astronomi. Ngambil kuliah Astronomi jelas lebih cetar. Bisa juga dengan baca tips sederhana Cara Sakti Kuasai Astrnomi (untk Pemula) di bawah ini. Dijamin gebetanmu terkesima lihat perubahan kerenmu ini :
1. Tetap Up-to-date dengan Baca  Rubrik Sains di Media Online.
http://travel.detik.com/read/2016/03/15/102000/3163856/1025/pengalaman-berkesan-melihat-gerhana-sambil-bulan-madu
Tampilan detikcom tentang gerhana matahari total 2016
Banyak media yang punya perhatian terhadap isu astronomis, misalnya. detikcom, viva.co.id, national geographic, dst. Rutinlah berkunjung, biar pengetahuanmu berimbang antara Astronomi dengan pengetahuan lainnya.
2. Gabung dengan Grup Astronomi
Di facebook banyak grup astronomi. Dengan gabung, pengetahuan kita bertambah, dan teman “seiman” juga bertambah. Makin banyak teman jelas makin rame. Salah satu grup terkenal adalah Astronomi Indonesia. Anggrotanya banyak, sekitar 16 ribu lebih. Ada juga grup Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) dengan 9 ribu lebih anggota. Kalau kamu senengnya kopi darat, bisa juga gabung langsung dengan HAAJ di Planetarium Taman Ismail Marzuk, atau Jogja Astro Club (JAC) di Jogja.
3. Punya Alat-Alat Astronomi
Peta bintang portabel
Ini penting agar kamu bisa praktek sendiri di halaman rumah. Peta bintang portabel, misalnya, berguna untuk mengasah kemampuan mengidentifikasi bintang berdasarkan jam dan tanggalnya. Kacamata gerhana berguna untuk memantau matahari, walaupun tidak sedang momen gerhana. Dan tentu saja teleskop kalau kita punya anggaran berlebih. Tapi kita pun bisa pakai binokular kalau anggaran kita sedang-sedang saja.
Oh ya  jangan lupa mendownload aplikasi astronomi di Android dan iOS, misalnya aplikasi Star Chart. Aplikasi ini berguna sekali agar kita tahu letak dan posisi matahari, bintang, planet, an bnda langit lainnya setiap saat.
Detik-detik menjelang gerhana matahari total 2016 versi aplikasi Star Chart
4. Baca Buku tentang Astronomi
Nggak perlu yang rumit-rumit ala buku kuliahnya mahasiswa Astronomi. Cukup ensiklopedi aja. Saya pribadi senang dengan ensiklopedi astronomi untuk anak dan remaja karena full gambar. Misalnya ensiklopedi anak terbitan Dorling-Kindersley, tapi ensiklopedi terbitan penerbit lokal juga banyak tersedia.  Semakin sering baca gambar-gambar itu, saya jadi semakin semangat pengin coba-coba mengabadikan benda langit lewat jepretan kamera.
5. Nonton Film Astronomis
Poster film The Martian
Supaya semangat kita makin tebal untuk mengenal astronomi. Bisa film dokumenter, atau film cerita ala Hollywood, seperti Interstellar, The Martian, Contact, dst. Kalau perlu barengi juga nonton film di Planetarium. Dijamin asyik!
6. Baca Novel Astronomis
Ini masih terkait nomor 4 dan 5, bedanya khusus bagi penggemar novel. Motivasinya sama seperti nomor 5, buat menambah semangat kita. The Martian yang saya sebut tadi berasal dari novel. Kisah novelnya biasanya lebih komplet dibanding filmnya.
Kalau kamu seneng cerita remaja dengan tema astronomis yang ringan bisa pilih Summer Triangle dan Love in Twilight. Keduanya novel cinta berbalut isu astronomis. Summmer Triangle mengangkat tema cinta berbalut rasi bintang summer trianglr, sedangkan Love in Twilight mengangkat tema cinta berbalut fenomena twilight dan gerhana matahari total.
Cover buku Love in Twilight
Well, pilihannya banyak, keputusannya ada padamu. Selamat menggeluti Astronomi.

With love,
Hara Hope
novelis, blogger, dreamer

3 thoughts on “[TIPS] Cara Sakti Kuasai Astronomi (untuk Pemula)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *